Kajian Spesial Isra' Mi'raj

Bismillahirahmanirohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
     
Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas rahmat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat yang banyak terutama nikmat iman dan islam. Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita yakni Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, tabi'in tabi'atnya, dan semoga kita semua mendapatkan syafa'atnya di yaumul akhir nanti. Amin.
     
Yap, kali ini admin akan sharing tentang sesuatu yang sangat penting dalam bulan Rajab. Yaitu perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al-Aqsa menuju Masjid Al-Haram, dan naik ke Sidratul Muntaha. Yap, betul sekali Isra' Mi'raj. Seharusnya postingan kali ini update di bulan Rajab, tapi jadwal yang padat, harus di tunda dulu.

Oke, kajian spesial ini telah dilaksanakan 4 Mei 2016 pukul 15.30 WIB di Aula Politeknik AKA Bogor. Kenapa di Aula, karena Masjidnya sedang di renovasi. Mungkin ada yang punya kelebihan harta kekayaan, bisa lah sedekah jariyah untuk pembangunan masjid. InsyaAllah pahalanya akan terus mengalir. Jika anda berniat memberikan sedekah, silakan kirim pesan ke email : ldkkma.official@gmail.com  . Nanti di kasih no. rekeningnya. Dan mohon maaf kalau balasnya lama.

Kajian ini di bawakan oleh MC kita tercinta, akh Fahoni. Dan pematerinya adalah Ustadz Sudrajat. Tema yang dibawakan beliau adalah "Perjalanan Panjang Sang Kekasih". Temanya puitis sekali ya.. Mungkin ada sesuatu di balik tema itu. Penasaran gak penasaran, ini dia resume nya.

Resume Kajian Spesial Isra' Mi'raj
"Perjalanan Panjang Sang Kekasih"
Ust Sudrajat dan akh Fathoni

1. Dalil tentang Isra' Mi'raj
  • QS. Al-Isra : 1
 
سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ (1)
 
( 1 )   Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
  • QS. An-Najm : 12-18



فَتُمَٰرُونَهُۥ عَلَىٰ مَا يَرَىٰ (12) وَلَقَدۡ رَءَاهُ نَزۡلَةً أُخۡرَىٰ (13) عِندَ سِدۡرَةِ ٱلۡمُنتَهَىٰ (14)

عِندَهَا جَنَّةُ ٱلۡمَأۡوَىٰٓ (15) إِذۡ يَغۡشَى ٱلسِّدۡرَةَ مَا يَغۡشَىٰ (16) مَا زَاغَ ٱلۡبَصَرُ وَمَا طَغَىٰ(17)لَقَدۡ رَأَىٰ مِنۡ ءَايَٰتِ رَبِّهِ ٱلۡكُبۡرَىٰٓ (18)

( 12 )   Maka apakah kaum (musyrik Mekah) hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya?( 13 )  Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,( 14 )  (yaitu) di Sidratil Muntaha.( 15 )   Di dekatnya ada surga tempat tinggal,( 16 )   (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya.( 17 )   Penglihatannya (muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya.( 18 )   Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.

2. Tujuan Isra' Mi'raj
  • Latar Belakang
Sebelum peristiwa isra' mi'raj, istri Rasulullah Saw yaitu Khadijah ra. meninggal dunia. Dan juga paman beliau yaitu Abu Thalib. Khadijah ra. dan Abu Thalib meninggal dunia pada tahun ke-11 kenabian. Tahun ini disebut tahun kesedihan. Karena Rasulullah telah kehilangan Khadijah yang telah memberikan hartanya untuk perjuangan dakwah Nabi. Dan paman nya yang selalu melindungi Nabi dari kekejaman kaum kafir quraisy. Dengan meninggalnya istri dan paman beliau, orang-orang kafir Mekkah semakin berani untuk melakukan kekejaman terhadap Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya.
  • Sebagai pelipur hati, penguat keteguhan batin Nabi dalam menyampaikan risalah.
Yaitu perjalanan di malam hari (isra') bersama malaikat Jibril dari masjid al-aqsa ke masjid al-haram, kemudian naik (mi'aj) ke sidratil muntaha. Di sana Nabi berdialog dengan Allah SWT, dan menerima perintah sholat 50 waktu. Nabi merasa keberatan karena ummatnya lemah tak seperti ummat terdahulu. Kemudian Nabi turun ke langit ke-6 bertemu dengan Nabi Nuh as. dan diberi saran untuk dikurangi. Akhirnya Nabi menerima perintah sholat 5 waktu.
  • Sebagai ujian bagi kaum muslimin
Keesokan harinya, Nabi menceritakan peristiwa yang dialaminya semalam. Namun banyak yang tak percaya pada peristiwa tersebut. Lantas kemudian Abu Bakar ra. ditanya tentang hal tersebut. Abu Bakar ra. menjawab : " Jika berita itu datang dari Nabi Muhammad SAW, maka lebih dari itu pun Aku akan membenarkannya". Atas kejujuran dan jawaban tersebut, Abu Bakar ra. mendapat gelar Ash-Shidiq, yang artinya jujur/benar.
  • Mendapat syari'at baru yaitu sholat lima waktu
Misi Rasulullah SAW adalah menyampaikan islam sebagai rahmatan lil 'alamin, islam sebagai rahmat semesta alam. Dengan menyempurnakan akhlak manusia dan menyempurnakan syari'at dalam penyembahan kepada Allah SWT.

3. Hikmah dari Isra' Mi'raj
  1. Kekuasaan Allah SWT atas makhluk-Nya. Allah perlihatkan kepada Nabi sebagian kekuasaan-Nya;
  2. Keimanan Nabi melebihi keimanan yang lainnya, karena langsung bertemu dengan Allah SWT;
  3. Kebenaran Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul serta ucapan dan tindakkannya menjadi hukum;
  4. Tidak setiap syari'at dapat diterima akal. Sehingga mereka -kafir quraisy- tidak meyakini isra' mi'raj;
  5. Kecintaan terhadap Nabi melebihi cinta kepada yang lainnya setelah kecintaan kepada Allah SWT. "Tidaklah sempurna iman seseorang, hingaa lebih mencintaiku dari pada istri dan anaknya bahkan dirinya sendiri". (Al-Hadits);
  6. Mengikuti syari'at yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Contoh: meninggalkan bid'ah; dan
  7. Menyucikan jiwa berhubung di isra' dan mi'rajkan Nabi.
Alhamdulillah. Mungkin itulah resume dari kajian kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga kita semua dapat melihat Allah SWT secara langsung seperti Nabi Muhammad SAW di akhirat nanti. Aamiin.

Syukron atas perhatiannya. Jazakumullahu khairan katsiir. Jangan lupa follow us di :
Line : LDK KMA
Ig : @LDK_KMA
Fb : LDK KMA
Twitter : @LDK_KMA

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

LDK KMA Satu Hati untuk Mandiri
AllahuAkbar

#Admin A

Komentar

Postingan Populer