Kajian Roadshow with Masyarakat 26 Desember 2015

Bismillahirahmanirohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

     Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas rahmat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat yang banyak terutama nikmat iman dan islam. Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita yakni Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, tabi'in tabi'atnya, dan semoga kita semua mendapatkan syafa'atnya di yaumul akhir nanti. Amin.

     Sudah lama nih, gak update lagi :P. Tapi gak apa-apa, yang penting bisa update lagi. Nah, kali ini admin akan sharing tentang resume salah satu program kerja Syi'ar LDK KMA, yaitu Kajian Roadshow LDK KMA (KROMA), dimana pada kroma kali ini di adakan ditengah-tengah masyarakat. 

     Kajian kali ini berkaitan dengan lahirnya Nabi kita tercinta Nabi Muhammad SAW, dengan mengambil tema " Nabi Muhammad SAW Idolaku" yang di bawakan oleh UStadz Asep Syakib . Mengapa mengambil tema tersebut ? Karena sudah seharusnyalah kita sebagai muslim dan sebagai ummat Nabi Muhammad SAW menjadikan beliau sebagai idola nomor 1 dalam hidup kita agar kita bisa menjadi manusia yang dapat meneladani beliau dan mendapatkan syafa'atnya serta mendapat keridhoan Allah SWT.

Resume "Nabi Muhammad SAW Idolaku" 26-12-2015

      Dalam mengkaji islam, kita harus senantiasa istiqomah dalam menjalankannya. Baik dalam keadaan ringan maupun berat. Dalam pelaksanaannya, kita harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin. Dan lebih baik sedikit tapi sering daripada banyak tapi jarang.

     Setiap Nabi yang telah diutus oleh Allah SWT, pasti memiliki syafa'at yang bisa digunakan olehnya untuk memperoleh pertolongan dai Allah SWT kepada umatnya. Berbeda dengan Nabi yang lain, Nabi Muhammad menggunakan syafa'atnya untuk ummatnya di hari kiamat nanti. Hal ini sesuai dengan hadits yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Majjah :

"Rasulullah SAW menunda do'anya untuk nanti di hari kiamat, tidak seperti Nabi-Nabi sebelumnya". (HR. Ibnu Majjah)

      Tanda atau ciri seorang muslim/ah yang benar-benar beriman kepada Rasulullah SAW adalah dengan mengamalkan sunnah-sunnahnya. Iman tidak dapat dilihat karena iman sifatnya itu ghaib. Jadi, tidak dapat dilihat dengan penglihatan, hanya Allah SWT yang tahu. Berbeda dengan islam sifatnya dzohir atau dapat dilihat, didengar dengan penglihatan  dan pendengaran contohnya rukun islam (syahadat, sholat, zakat, puasa, dan haji).

     Telah ada pada diri Rasulullah SAW suri taualadan yang baik. Hal ini tertuang dalam Al-qur'an. Untuk mengidolakan Nabi Muhammad, kita bisa mencontohnya dalam beberapa aspek sebagai berikut :

  1. Rasulullah SAW sebagai hamba Allah SWT, meskipun Rasulullah SAW telah dilindungi dari perbuatan dosa, beliau tetap menjalankan amalan-amalan shaleh dengan sempurna. Kita sebagai ummatnya, jangan sampai salah dalam ber'itiba ( menconto ) kepada Rasulullah SAW, laksanakan apa yang diperintahaknya sesuai dengan kemampuan masing-masing dan jauhi apa yang dilarang olehnya. 
  2. Rasulullah SAW sebagai seorang ayah, dalam mendidik anak-anaknya, beliau membentuk karakter-karakter anaknya menjadi baik dan tidak memanjakannya. 
  3. Rasulullah SAW sebagai mertua, beliau tidak melepaskan anak serta menantunya pergi tanpa pengawasan, melainkan mendekati menantunya dan anak-anak menantunya. 
  4. Rasulullah SAW sebagai orang kaya, beliau tidak tanggung-tanggung untuk menghabiskan hartanya untuk berdakwah dijalan Allah SWT. 
  5. Rasulullah SAW sebagai panglima perang, beliau selalu menjadi yang terdepan di medan peperangan, tidak seperti raja-raja yang bersembunyi dibelakang pasukan.

     Dalam mencontoh Rasulullah SAW, ada baiknya kita untuk berteman dengan teman yang shaleh, karena dapat mengingatkan kita untuk berbuat kebaikan. Oleh karena itu, marilah kita sama-sama istiqomah dalam mencontoh Rasulullah SAW dan mengidolakannya diatas manusia yang lain. Karena sebelum beliau wafat, yang beliau do'akan bukan siapa-siapa melainkan umatnya. Sungguh mulia Nabi kita ini. 

Itulah yang bisa saya sharing dari kroma kali ini, semoga banyak manfaatnya. Amin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

#LDK KMA, satu hati untuk mandiri
#Allahuakbar

#AdminA  


Dokumentasi





 

  

Komentar

Postingan Populer